Senin, 30 November 2020

ILMU EKONOMI STRUKTUR PASAR

     
    Siapa yang pernah pergi kepasar tapi hanya mengantar orang tua lalu menunggunya saja... Nah untuk kalian yang seperti itu coba sesekali kalian mengikuti orang tua kalian, lihat apa yang ada didalam pasar kenapa pasar bisa seramai itu lalu ada produk dan jasa apa saja yang ada di pasar. Kalian harus tau bahwa pasar juga sebagi perekonomian lhoo. 

    Untuk itu, jika kamu mager (malas gerak) tidak perlu khawatir dengan adanya blog ini kamu hanya perlu membuka laptop jika sedang tiduran bukalah smartphone kalian lalu bacalah artikel ini. Mudah-mudahan bisa membantu pengetahuan kalian tanpa harus pergi kepasarnya langsung. Tapi alangkah baiknya kalian tahu bagaimana keadaan sebenarnya yang terjadi di pasar. Untuk sahabat magerku langsung aja baca artikel ini.

 
 

Pengertian Pasar

 

    Kita ketahui bahwa pasar merupakan salah satu tempat perekonomian dimana di pasar terdapat adanya sebuah kejadian jual beli yang dilakukan antara penjual (produsen) dan pembeli (konsumen). Dapat diartikan bahwa, pasar merupakan tempat atau proses interaksi bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli produk barang ataupun jasa. Maka akan ada yang namanya sebuah permintaan (yang dilakukan pembeli) terhadap penawaran (yang dilakukan penjual). Dinamakan proses interaksi yakni proses penetapan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. 

    Dimana pasar di dalamya sebagai area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu. Banyak macam pasar baik disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan ataupun sebutan lainnya. Menurut kajian ilmu ekonomi, pasar merupakan suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa tertentu. Proses interaksi tersebut dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Akan kita bahas apasih peran pasar dalam sebuah perekonomian itu. Jadi peran pasar dalam perkonomian yakni:

Peran pasar dalam perekonomian adalah sebagai berikut.

1.      Peranan dari pasar untuk produsen

Yang dimaksud disini adalah pasar dapat membantu memperlancar penjualan hasil produksi dan dapat digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan atau memperkenalkan barang maupun jasa hasil produksi.

2.      Peranan dari pasar untuk konsumen

Yang dimaksud disini adalah pasar mempunyai peran yang sangat penting bagi pembeli (konsumen). Kenapa? Karena konsumen mudah untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan. Apabila pasar semakin luas, konsumen akan semakin mudah memperoleh barang maupun jasa yang dibutuhkan.

3.      Peranan dari pasar untuk pembangunan

Yang dimaksud disini peranan bagi pembangunan adalah menunjang atas kelancaran pembangunan yang sedang berlangsung. Diingat bahwa upaya dalam meningkatkan pembangunan, pasar berperan membantu menyediakan segala macam barang maupun jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Pasar juga dapat dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi.

4.      Peranan dari pasar untuk Sumber Daya Manusia

Yang dimaksud disini adalah kegiatan perdagangan di suatu pasar membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Semakin luas suatu pasar, semakin besar tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan, berarti pasar turut membantu mengurangi pengangguran, memanfaatkan sumber daya manusia, serta membuka lapangan kerja.


Kalian harus tau apakah ciri-ciri dari adanya pasar untuk itu saya akan menginformasikannya
Berikut merupakan ciri-ciri dari pasar:
  • Terdapat adanya penjual dan pembeli. 
Yang dimaksud penjual adalah orang yang mempunyai produk/ barang yang ditawarkan ataupun dia jual dimana produk tersebut ada yang merupakan hasil dari perusahaan dia sendiri maupun mengambil dari orang lain kemudian dijual kembali. Nah ini dia yang dinamakan Reseller. Sedangkan pembeli adalah orang yang datang ke pasar dengan niat ingin membeli dimana pembeli sebagai konsumen.
  • Adanya jasa atau barang yang akan diperjualbelikan.
Yang dimaksud disini adalah apa yang di perjualkan dipasar. Misalkan di toko terdapat pakaian yang di pajang dengan manequin dan disebelahnya ada toko jahit. Nah disini toko pakaian diartikan sebagai penjual yang menawarkan sebuah barang/ produk yang dia jual. Sedangkan toko jahit merupakan sebuah penawaran terhadap jasa yang dia tawarkan dengan kemampuannya.
  • Adanya permintaan dan penawaran.
Yang dimaksud disini sebagai penjual akan menawarkan atau mempromosikan bahkan memang wajib untuk menawarkan produk maupun jasa. Kemudian adanya permintaan merupakan hubungan dari penawaran. Karena jika sudah terjadi kesepakatan atas penawaran akan terjadi permintaan baik barang maupun jasa. Atau bahkan sebaliknya
  • Adanya interaksi antara penjual dan pembeli.
Yang dimaksud disini adalah kesepakatan atas harga yang dibayarkan dimana sebelumnya harga yang ditentukan dapat ditawar, nah kejadian ini dimaksud juga dengan tawar menawar.
  • Terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli.
Nah setelah interaksi tadi maka akan ada sebuah kesepakatan atas harga yang dibayar dari sebuah produk maupun jasa. 

Selain ciri-ciri, pasar juga mempunyai fungsi yang sangat penting. Dapat digolongkan ada 3 fungsi utama pasar sebagai berikut:

1.    Fungsi pasar sebagai sarana distribusi

Yang dimaksud fungsi pasar sebagai sarana distribusi, yakni memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari perusahaan (produsen) ke konsumen. Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya kepada konsumen.

2.    Fungsi pasar sebagai pembentuk harga

Yang dimaksud disini adalah pasar yang merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli yang dimana penjual menawarkan barang maupun jasa kepada pembeli. Pembeli yang membutuhkan barang maupun jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tersebut, sehingga terjadilah tawar - menawar antara kedua belah pihak. Setelah terjadi kesepakatan, terbentuklah harga dimana harga tersebut lah yang dimaksud harga keseimbangan.

3.    Fungsi pasar sebagai sarana promosi

Yang dimaksud fungsi pasar sebagai sarana promosi adalah pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang maupun jasa tentang manfaat dan keunggulan pada pembeli (konsumen). Promosi dilakukan untuk menarik minat yang dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain, memasang spanduk, menyebarkan brosur, pameran dan sebagainya.

 
 

Struktur Pasar

 

    Market structure atau struktur pasar mengacu pada karakteristik organisasi pasar yang menentukan perilaku perusahaan dalam suatu industri dengan informasi tentang perilaku usaha dan kinerja pasar yang dijelaskan melalui keadaan pasar dapat diketahui melalui konsentrasi pasar. Dimana ini menentukan sifat persaingan harga dan memiliki implikasi terhadap pasar dan keuntungan yang didapat perusahaan.

    Struktur pasar penting karena mempengaruhi hasil pasar, terutama dalam hal keuntungan. Ini mempengaruhi peluang, motivasi, dan keputusan strategis pelaku ekonomi yang berpartisipasi di pasar. Perusahaan menganalisisnya untuk menjelaskan dan memprediksi hasil pasar, terutama laba. Bagi pemerintah, ia memberi tahu mereka cara mengatur pasar, memastikan persaingan yang adil, dan mengurangi dampak buruk persaingan tidak adil seperti kartel bagi perekonomian.

    Struktur pasar menunjukkan karakteristik pasar, seperti elemen jumlah pembeli dan penjual, keadaan produk,keadaan pengetahuan penjual dan pembeli, serta keadaan rintangan masuk pasar. Perbedaan pada elemen­elemen tersebutmembedakan cara masing­masing pelakupasar dalam industri berperilaku, yang padaakhirnya akan menentukan perbedaan kinerja pasar yang terjadi (Teguh,2010:16).

 
Jenis-jenis struktur pasar umumnya dibedakan menjadi:

1.    Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena dalam pasar ini menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang maupun jasa yang tinggi (optimal) efesiensinya. Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli banyak dengan produk bersifat homogen yang dijual atau disebut juga pasar bebas. Adanya interaksi jual beli atau permintaan dan penawaran di mana jumlah produsen (penjual) dan konsumen (pembeli) yang terlibat sangat banyak. Contoh produk-produk pasar persaingan sempurna adalah produk-produk pertanian, beras, gandum, atau kentang.  

Teori pasar persaingan sempurna dibuat atas dasar dua asumsi penting yang berkenaan dengan perilaku perusahaan individual dangang berkenaan dengan industri. Dalam kaitan dengan perusahaan, diasumsikan bahwa perusahaan dalam pasar persaingan sempurna merupakan perusahaan penerima harga pasar (price taker).

Bentuk pasar dengan persaingan sempurna (perfect competition) ditandai oleh ciri-ciri berikut:

  • Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak  
Yang dimaksud disini pembeli dan penjual sama banyaknya dimana ini tidak akan mempengaruhi harga pasar.
  • Perusahaan merupakan penerima/pengambil harga (price taker)
Yang dimaksud disini adalah price taker dimana perusahaan di pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar tersebut.
  • Perusahaan mudah keluar masuk dalam pasar 
Yang dimaksud disini adalah ketika sebuah perusahaan mengalami kerugian bahkan bangkrut, dan ingin meninggalkan industri perdagangan tersebut, maka dengan mudah dilakukan. Sedangkan jika produsen ingin melakukan kegiatan di industri perdagangan tersebut, juga dapat dengan udah hal itu dilakukan.
  • Menghasilkan barang serupa (homogen) 
Yang dimaksud adalah jika terdapat sebuah perbedaan diantara barang yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dengan produksi peusahaan lainnya. Dikatakan istilah ini ada produk identicial (homogenous).
  • Terdapat banyak perusahaan di pasar 
Yang dimaksud disini dimana perusahaan tidak mempunyai kekuasaan atas pengubahan harga. Dimana jumlah perusahaan sangat banyak dan relatif kecil dibandingkan dengan keseluruhan jumlah pasar di dalamnya. Setiap perusahaan memiliki kurva permintaan bersifat elastis sempurna, karena produksi perusahaan identik dan hanya sebagian kecil saja dari jumlah yang ada dipasar.
  • Pembeli mempunyai pengetahuan mengenai pasar 
Yang dimaksud disini pembeli (konsumen) mempuyai pengetahuan informasi pasar terkait harga pasar atau mengetahui tingkat harga yang ditetapkan atau berlaku serta jika ada perubahan-perubahan kenaikan atas harga produk tersebut.
  • Tidak ada sedikit campur tangan luar    
Tidak adanya penetapan-­penetapan dari luar yang bersifat memaksa, baik terhadap permintaan, penawaran ataupun terhadap harga dari komoditas yang di perjual belikan. Misalkan tidak adanya campur tangan dari pemerintah.
 

Keputusan mengenai jumlah perusahaan tidak bisa mempengaruhi tingkat harga, dan keputusan mengenai penentuan harga, dimana kurva digambarkan horizontal. Dimana harga akan dianggap konstan. Keuntungan maksimum perusahan dimana perusahaan mempunyai tujuan kompetitif, artinya dimana perusahaan memaksimalkan keuntungan. Dimana dalam hal itu ada dua hal yang harus diperhatikan yakni:

1.     Output dari biaya produksi sebuah perusahaan maksimalnya MR = P = MC. 

      • MR (kenaikan harga pada TR (total penerimaan produsen dari hasil outputnya) yang disebabkan oleh tambahan penjualan satu unit ouput). 
      • P ( atau AR adalah penerimaaan produsen perunit output yang dijual).
      • MC (tambahan biaya produksi yang digunakan untuk tambahan produksi satu unit).

2.     Hasil penjualan barang yang dihasilkan perusahaan TR = P . Q

      • TR dimana total penerimaan perusahaan dengan rumus P (AR) dikali dengan Q (jumlah produksi tingkat output).
 
Ke
lebihan pasar persaingan sempurna:
  • Dimana bentuk pasar merupakan pasar yang ideal.  
  • Dimana perusahaan berproduksi pada skala yang efisien dengan harga produk paling murah.   
  • Dimana perusahaan mendapatkan output maksimum.  
  • Memberikan kemakmuran yang maksimal. Karena harga jual yang termurah, jumlah output paling banyak sehingga ratio output per penduduk maksimal, dan masyarakat merasa nyaman sehingga tidak takut ditipu karena informasi yang sempurna. 
Kekurangan pasar persaingan sempurna:
  • Dimana hanya saja pasar persaingan sempurna tidak mendorong adanya sebuah inovasi.
  • Akan ada dimana sebuah istilah penimbulan pada biaya sosial. 
  • Perusahaan didalam pasar membatasi pilihan konsumen. 
  • Dalam pendistribusi pendapatan tidak terlalu merata. 


    2.     Pasar Persaingan tidak Sempurna


Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari sedikit penjual namun banyak pembeli. Pada pasar ini, para penjual dapat menentukan harga barang. Barang yang diperjual belikan tersebut memiliki jenis yang berbeda atau terdapat berbagai jenis barang.

Perlu kamu ketahui bahwa pasar persaingan tidak sempurna adalah suatu bentuk pasar yang tidak terorganisir secara sempurna. Pasar persaingan tidak sempurna bisa juga disebut sebagai bentuk pasar yang kehilangan satu atau lebih ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar persaingan sempurna. Karena, dalam pasar persaingan tidak sempurna peran dari pembeli dan penjual hilang. Mereka tidak memiliki keleluasaan untuk menetapkan atau menentukan harga suatu produk.

Bagaimana kita membedakan antara pasar persaingan sempurna dengan pasar persaingan tidak sempurna.

Berikut ciri-ciri dari pasar persaingan tidak sempurna:

  • Adanya ketidakseimbangan antara penjual dan pembeli

Yang dimaksud disini adalah penjual dan pembeli dapat mempengaruhi kondisi pasar. Dalam kondisi pasar yang tidak sempurna, pasar hanya terdiri dari satu atau beberapa penjual yang lebih sedikit dari pembeli. Ketidakseimbangan ini menyebabkan penjual lebih berkuasa di pasar. Dan harga pun menjadi tidak stabil.

  • Disini penjual bisa menentukan harga

Yang dimaksud disini adalah karena penjual lebih banyak dan lebih berkuasa dibandingkan pembeli dan hanya sedikit pihak yang mempengaruhi pasar, penjual bebas dan mendominasi dalam penentuan harga. Kebebasan dan dominasi memungkinkan perusahaan memperoleh profit yang jauh lebih besar. Hal ini disebabkan oleh persaingan yang minim dalam penjualan barang di pasar.

  • Adanya kesulitan produsen untuk masuk ke dalam pasar

Yang dimaksud disini adalah industri dalam pasar tidak sempurna hanya mampu dijalankan pihak tertentu. Karena hanya mampu dijalankan oleh pihak tertentu, maka sulit bagi penjual lain untuk masuk dan memulai bisnis dalam pasar. Ini berbanding terbalik dengan pasar persaingan sempurna dimana penjual bebas keluar masuk pasar. 

  • Tidak adanya sebuah barang pengganti

Yang dimaksud disini adalah tidak adanya sebuah kebebasan untuk memasuki pasar menjadikan ketersediaan atas pengganti produk dengan fungsi dan manfaat yang sama menjadi lebih sedikit atau bahkan sulit dicari.  Jadi, untuk mendapatkan produk atau barang yang bersangkutan, penjual harus membeli dari penjual yang hanya menjual produk tersebut.

Kelebihan pasar persaingan tidak sempurna:

  • Produk yang Dijual Berkualitas Unggul

Yang dimaksud disini adalah dimana barang yang sulit ditemukan/ dicari dan hanya terdapat beberapa penjual yang menjualnya biasanya bersifat unggul dan mempunyai banyak manfaat. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan barang atau produk yang mudah dicari. 

  • Penjual mendapatkan keuntungan yang lebih besar

Yang dimaksud disini penjual akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar karena pembeli tidak punya pilihan lain atas produk pengganti dan harga yang ditetapkan penjual bersifat bebas tergantung keinginan penjual.

  • Bebas biaya produksi

Penjual sebelumnya melakukan riset terlebih dahulu apakah dia bisa untuk memasuki industri pasar persaingan tidak sempurna. Riset akan menunjukkan bahwa produk yang dijual dalam pasar sangat dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya seperti bahan bakar dan listrik. Tanpa promosi dan iklan sekalipun, pembeli sudah mengenal  baik produk yang dijual perusahaan.  

  • Mendorong sebuah inovasi produk

Adanya inovasi produk dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan menguntungkan penjual kedepannya. Ini dapat didorong dengan hak paten atau lisensi yang dipegang oleh penjual terhadap produk sehingga penjual lebih leluasa melakukan eksplorasi demi kepentingan inovasi.

Kekurangan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Ketika  pasar mengalami persaingan yang tidak sempurna akan mengalami sebuah fluktuasi ekonomi. Apa itu fluktasi ekonomi? fluktasi ekonomi adalah kenaikan dan penurunan aktivitas ekonomi secara relatif dibandingkan dengan tren pertumbuhan jangka panjang dari ekonomi. Keuntungan pun hanya dapat dirasakan pihak tertentu. Ada beberapa kerugian karena pasar didominasi oleh satu orang/ penjual, yaitu: 

  • Adanya permainan harga yang dilakukan sepihak

Yang dimaksud disini karena pasar hanya didominasi oleh pihak tertentu dan jumlah penjualnya sedikit, besar kemungkinan terjadi permainan harga. Permainan harga makin lama dapat merugikan konsumen. Ketidakmampuan konsumen dalam memahami kisaran harga yang seharusnya diterapkan karena minim pembanding juga menjadi faktor terjadinya permainan harga.  

  • Kurang atau sedikit alternatif lain

Yang dimaksud disini ketika konsumen dihadapi oleh ketidakberadaan alternatif produk pengganti dengan manfaat dan fungsi yang sama. Tidak ada pilihan lain selain membeli produk dari penjual yang menguasai pasar. 

  • Adanya diskriminasi pada harga

Yang dimaksud disini tidak hanya permainan harga, melainkan penjual juga dapat melakukan diskriminasi harga. Penjual dapat mematok harga yang jauh lebih mahal untuk kelompok pembeli yang berbeda atas produk yang sama.  

  • Adanya eksploitasi terhadap konsumen

Yang dimaksud disini pada jumlah penjual yang mendominasi pasar dibandingkan pembeli membuat pasar terjadi eksploitasi konsumen. Imbas dari eksploitasi konsumen yang tidak bisa bertindak mengambil alih untuk menyeimbangkan pasar.


Jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna:
  1. Pasar Monopoli

    Pengertian dari pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar yang hanya memiliki satu penjual / produsen dengan banyak pembeli. Orang yang melakukan monopoli terhadap suatu pasar disebut sebagai monopolis. Kenapa bisa demikian karena hanya ada satu penjual di pasar maka monopolis bertindak sebagai penentu harga (price maker). Monopolis dapat menentukan harga dengan cara menambah atau mengurangi jumlah barang yang disediakan di pasar.

    Perusahaan monopoli menghasilkan produk yang tidak diproduksi oleh perusahaan lain, atau tidak ada barang penggantinya yang mirip. Contohnya di negara kita Indonesia yaitu, perusahaan minyak bumi dan gas alam. Misalnya pada PT Pertamina, TELKOM, PDAM, BULOG, PT Perusahaan Listrik Negara, dan PT Kereta Api.

    Ciri-ciri pasar monopoli: 
    1. Terdapat adanya satu orang penjual dengan pembeli yang banyak di pasar. Karena ini, pembeli tidak dapat membeli ke tempat lain atau beralih ke penjual lain meskipun merasa dirugikan dengan harga yang ditetapkan. 
    2. Tidak terdapat adanya barang pengganti yang disediakan oleh pihak lain selain penjual yang ada di pasar tersebut. 
    3. Sulitnya dalam memasuki pasar bagi perusahaan baru.
    4. Penjual pada pasar monopoli akan dapat menentukan harga sesuai keinginannya karena tidak adanya barang pengganti.
    5. Sumber daya yang ada diperusahaan monopoli memiliki sesuatu khas dan keunika.
    6. Perusahaan monopoli memeiliki banyak dana, dengan itulah mereka mampu menikmati skala perekonomian bahkan hingga tingkatan tertinggi serta mendapatkan perlindungan dari pemerintah melalui Undang-undang.

    Kelebihan pasar monopoli:

      • Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak guna melakukan promosi agar pembeli tertarik. 
      • Tambahan penjual dalam pasar monopoli akan meningkatkan efisiensi dalam produksinya. 
      • Memiliki sumber daya alam yang terjaga karena dikelola oleh pemerintah. 
      • kekayaan intelektual seseorang dapat terlindungi sehingga dapat memajukan perkembangan.

    Kekurangan pasar monopoli:
      • Dimana produksi tidak efisien karena penjual yang dapat bebas menetapkan harga barang.
      • Konsumen tidak bisa beralih ke penjual lain.
      • Dimana produsen memegang keuntungan dikarenakan komsumen tidak bisa beralih penjual.

     
  2. Pasar Oligopoli

    Pengertian dari pasar oligopoli adalah pasar yang penawarannya hanya satu jenis barang yang hanya dikuasai oleh beberapa penjual (perusahaan). Dimana hanya sedkit perusahaan yang memiliki kemampuan mempengaruhi pasar. Perusahaan akan memposisikan dirinya yang nantinya menjadi bagian permainan pasar. Kenapa dilakukan ini terkait menjauhkan konsumen (pembeli) dari perusahaan lain/ pesaing.


    Ciri-ciri pasar oligopoli: 
  1. Hanya ada beberapa perusahaan (produsen) yang menguasai pasar dan rintangan untuk memasuki pasar.
  2. Dimana produk yang diperjualbelikan  homogen.
  3. Adanya sebuah kepemimpinan harga, dimana keputusan harga yang dilakukan oleh perusahaan (produsen) terbesar yang kemudian dipertimbangkan oleh perusahaan lainnya.
  4.  Adanya sebuah perang iklan atau promosi produk.

Kelebihan pasar oligopoli:
      • Dimana skala dari ekonomi yang akan menurunkan biaya dari produksi barang tersebut.
      • Dimana keuntungan yang didapatkan dari sebuah perusahaan (produsen) sangat besar keuntungannya.
      • Akan muncul kestabilitasan dari perusahaan
      • Konsumen mendapatkan kebebasan dan keleluasaan dalam memilih produk yang dibutuhkan atau diinginkan.
      • Pengembangan terhadap produk akan sering dilakukan.
      • Dimana penerapan teknologi dan inovasi para produsen akan menghasilkan sesuatu produk yang baru.
      • Efisiensi dalam produksi sangat diperhatikan.
      • Kepuasan konsumen menjadi salah satu prioritas.

        Kekurangan pasar oligopoli:
      • Dimana akan terjadinya eksploitasi terhadap pembeli (konsumen) serta menimbulkan adanya inflasi
      • Dimana pembeli (konsumen) tidak bisa memiliki pilihan untuk membeli barang karena hanya ada satu penjual 
      • Biasanya rentan menimbulkan ketidakrataan atas pendapatan yang dihasilkan.
      • Biasanya rentan terjadi persaingan yang tidak sehat dalam hal harga.


    3.    Pasar Monopolistik

Pengertian dari pasar monopolistik merupakan pasar yang terjadi ketika terdapat banyak penjual (produsen), adanya diferensiasi antar produk, misalkan baik merk atau kemasan. Pasar monopolistik hampir menyerupai dengan pasar persaingan sempurna, tetapi produk yang diedarkan dipasar ini bersifat heterogen.

Ciri-ciri pasar monopolistik
    1. Dimana jumlah dari penjual (produsen) sangat banyak
    2. Dimana produk/ barang yang diedarkan dipasar ini bersifat heterogen yang berarti tidak sama antara satu dengan yang lain.
    3. Sering terjadinya promosi terhadap produk yang dipasarkan.
    4. Mudahnya penjual (perusahaan) untuk keluar masuk pasar.

Kelebihan pasar monopolistik
      • Disini pembeli (konsumen) akan mendapatkan atas untuk memilih suatu produk yang diinginkan sesuai kebutuhan dikarenakan produknya bersifat heterogen.
      • Dimana kemudahan dan kebebasan sebuah perusahaan (penjual) dalam keluar masuk pasar.
      • Dimana adanya diferensiasi produk yang membuat konsumen dapat memilih produk  yang disukainya.

Kekurangan pasar monopolistik:
      • Biasanya akan terjadi persaingan yang tidak sehat dimana penjual akan mendapatkan banyak pelanggan dengan mendapatkan keuntungan maksimal.
      • Biasanya dimana salah satu pihak yang tidak memiliki kemampuan bahkan masalah pendanaan lebih mudah tergeser atau terbuang dari pasar ini karena dilihat dari adanya tingkat persaingan sangat tinggi.
      • Biasanya rentan atas terjadinya kenaikan harga dari barang/ produk yang dikarenakan adanya inovasi atas produk yang baru.












Sekian artikel yang saya buat ini, semoga dapat membantu anda dalam hal pengetahuan atas pasar yang memiliki banyak jenis dan ciro-ciri serta kelebihan dan kekurangan dari pasar tersebut. Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau kalimat yang diketik salah, karena manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa.
Cukup sekian sobat magerku sampai bertemu pada artikel yang saya buat selanjutnya dahhhh.......


Referensi sumber:
https://www.slideshare.net/ChaJonas/makalah-struktur-pasar-20521998
https://cerdasco.com/struktur-pasar/
https://www.alihamdan.id/struktur-pasar/
https://www.jojonomic.com/blog/pasar-persaingan-tidak-sempurna/

Pasar sebagai area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu. Baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya. Menurut kajian ilmu ekonomi, pasar merupakan suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa tertentu. Proses interaksi tersebut dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar: Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Jenisnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/27/120000769/pasar-pengertian-fungsi-ciri-ciri-dan-jenisnya?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3
Pasar sebagai area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu. Baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya. Menurut kajian ilmu ekonomi, pasar merupakan suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa tertentu. Proses interaksi tersebut dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar: Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Jenisnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/27/120000769/pasar-pengertian-fungsi-ciri-ciri-dan-jenisnya?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
Pasar sebagai area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu. Baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya. Menurut kajian ilmu ekonomi, pasar merupakan suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa tertentu. Proses interaksi tersebut dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar: Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Jenisnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/27/120000769/pasar-pengertian-fungsi-ciri-ciri-dan-jenisnya?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ILMU EKONOMI PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KONSEP EKONOMI DIGITAL

     Hallo semua, apa kabar? bagaimana dengan hari-hari anda saat ini? walaupun negara kita sedang diuji dengan adanya berbagai macam penyak...