
Untuk itu, jika kamu mager (malas gerak) tidak perlu khawatir dengan adanya blog ini kamu hanya perlu membuka laptop jika sedang tiduran bukalah smartphone kalian lalu bacalah artikel ini. Mudah-mudahan bisa membantu pengetahuan kalian tanpa harus pergi kepasarnya langsung. Tapi alangkah baiknya kalian tahu bagaimana keadaan sebenarnya yang terjadi di pasar. Untuk sahabat magerku langsung aja baca artikel ini.
Pengertian Pasar

Kita ketahui bahwa pasar merupakan salah satu tempat perekonomian dimana di pasar terdapat adanya sebuah kejadian jual beli yang dilakukan antara penjual (produsen) dan pembeli (konsumen). Dapat diartikan bahwa, pasar merupakan tempat atau proses interaksi bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli produk barang ataupun jasa. Maka akan ada yang namanya sebuah permintaan (yang dilakukan pembeli) terhadap penawaran (yang dilakukan penjual). Dinamakan proses interaksi yakni proses penetapan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Dimana pasar di dalamya sebagai area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu. Banyak macam pasar baik disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan ataupun sebutan lainnya. Menurut kajian ilmu ekonomi, pasar merupakan suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa tertentu. Proses interaksi tersebut dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Akan kita bahas apasih peran pasar dalam sebuah perekonomian itu. Jadi peran pasar dalam perkonomian yakni:
Peran pasar dalam
perekonomian adalah sebagai berikut.
1. Peranan dari pasar untuk produsen
Yang dimaksud disini adalah pasar dapat membantu memperlancar penjualan hasil produksi dan dapat digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan atau memperkenalkan barang maupun jasa hasil produksi.2. Peranan dari pasar untuk konsumen
Yang dimaksud disini adalah pasar mempunyai peran yang sangat penting bagi pembeli (konsumen). Kenapa? Karena konsumen mudah untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan. Apabila pasar semakin luas, konsumen akan semakin mudah memperoleh barang maupun jasa yang dibutuhkan.3. Peranan dari pasar untuk pembangunan
Yang dimaksud disini peranan bagi pembangunan adalah menunjang atas kelancaran pembangunan yang sedang berlangsung. Diingat bahwa upaya dalam meningkatkan pembangunan, pasar berperan membantu menyediakan segala macam barang maupun jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Pasar juga dapat dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi.4. Peranan dari pasar untuk Sumber Daya Manusia
Yang dimaksud disini adalah kegiatan perdagangan di suatu pasar membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Semakin luas suatu pasar, semakin besar tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan, berarti pasar turut membantu mengurangi pengangguran, memanfaatkan sumber daya manusia, serta membuka lapangan kerja.
Kalian harus tau apakah ciri-ciri dari adanya pasar untuk itu saya akan menginformasikannya.
- Terdapat adanya penjual dan pembeli.
- Adanya jasa atau barang yang akan diperjualbelikan.
- Adanya permintaan dan penawaran.
- Adanya interaksi antara penjual dan pembeli.
- Terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli.
Selain ciri-ciri, pasar juga mempunyai fungsi yang sangat penting. Dapat digolongkan ada 3 fungsi utama pasar sebagai berikut:
1. Fungsi pasar sebagai sarana distribusi
Yang dimaksud fungsi pasar sebagai sarana distribusi, yakni memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari perusahaan (produsen) ke konsumen. Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya kepada konsumen.2. Fungsi pasar sebagai pembentuk harga
Yang dimaksud disini adalah pasar yang merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli yang dimana penjual menawarkan barang maupun jasa kepada pembeli. Pembeli yang membutuhkan barang maupun jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tersebut, sehingga terjadilah tawar - menawar antara kedua belah pihak. Setelah terjadi kesepakatan, terbentuklah harga dimana harga tersebut lah yang dimaksud harga keseimbangan.3. Fungsi pasar sebagai sarana promosi
Yang dimaksud fungsi pasar sebagai sarana promosi adalah pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang maupun jasa tentang manfaat dan keunggulan pada pembeli (konsumen). Promosi dilakukan untuk menarik minat yang dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain, memasang spanduk, menyebarkan brosur, pameran dan sebagainya.Struktur Pasar
Market structure atau struktur pasar mengacu pada karakteristik organisasi pasar yang menentukan perilaku perusahaan dalam suatu industri dengan informasi tentang perilaku usaha dan kinerja pasar yang dijelaskan melalui keadaan pasar dapat diketahui melalui konsentrasi pasar. Dimana ini menentukan sifat persaingan harga dan memiliki implikasi terhadap pasar dan keuntungan yang didapat perusahaan.
Struktur pasar penting karena mempengaruhi hasil pasar, terutama dalam hal keuntungan. Ini mempengaruhi peluang, motivasi, dan keputusan strategis pelaku ekonomi yang berpartisipasi di pasar. Perusahaan menganalisisnya untuk menjelaskan dan memprediksi hasil pasar, terutama laba. Bagi pemerintah, ia memberi tahu mereka cara mengatur pasar, memastikan persaingan yang adil, dan mengurangi dampak buruk persaingan tidak adil seperti kartel bagi perekonomian.
Struktur pasar menunjukkan karakteristik pasar, seperti elemen jumlah pembeli dan penjual, keadaan produk,keadaan pengetahuan penjual dan pembeli, serta keadaan rintangan masuk pasar. Perbedaan pada elemenelemen tersebutmembedakan cara masingmasing pelakupasar dalam industri berperilaku, yang padaakhirnya akan menentukan perbedaan kinerja pasar yang terjadi (Teguh,2010:16).
1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena dalam pasar ini menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang maupun jasa yang tinggi (optimal) efesiensinya. Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli banyak dengan produk bersifat homogen yang dijual atau disebut juga pasar bebas. Adanya interaksi jual beli atau permintaan dan penawaran di mana jumlah produsen (penjual) dan konsumen (pembeli) yang terlibat sangat banyak. Contoh produk-produk pasar persaingan sempurna adalah produk-produk pertanian, beras, gandum, atau kentang.
Teori
pasar persaingan sempurna dibuat atas dasar dua asumsi penting yang berkenaan dengan
perilaku perusahaan individual dangang berkenaan dengan industri. Dalam kaitan
dengan perusahaan, diasumsikan bahwa perusahaan dalam pasar persaingan sempurna
merupakan perusahaan penerima harga pasar (price taker).
Bentuk pasar dengan
persaingan sempurna (perfect competition) ditandai oleh ciri-ciri berikut:
- Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
- Perusahaan merupakan penerima/pengambil harga (price taker)
- Perusahaan mudah keluar masuk dalam pasar
- Menghasilkan barang serupa (homogen)
- Terdapat banyak perusahaan di pasar
- Pembeli mempunyai pengetahuan mengenai pasar
- Tidak ada sedikit campur tangan luar
Keputusan mengenai jumlah perusahaan tidak bisa mempengaruhi tingkat harga, dan keputusan mengenai penentuan harga, dimana kurva digambarkan horizontal. Dimana harga akan dianggap konstan. Keuntungan maksimum perusahan dimana perusahaan mempunyai tujuan kompetitif, artinya dimana perusahaan memaksimalkan keuntungan. Dimana dalam hal itu ada dua hal yang harus diperhatikan yakni:
1. Output dari biaya produksi sebuah perusahaan maksimalnya MR = P = MC.
- MR (kenaikan harga pada TR (total penerimaan produsen dari hasil outputnya) yang disebabkan oleh tambahan penjualan satu unit ouput).
- P ( atau AR adalah penerimaaan produsen perunit output yang dijual).
- MC (tambahan biaya produksi yang digunakan untuk tambahan produksi satu unit).
2. Hasil penjualan barang yang dihasilkan perusahaan TR = P . Q
- TR dimana total penerimaan perusahaan dengan rumus P (AR) dikali dengan Q (jumlah produksi tingkat output).
Kelebihan pasar persaingan sempurna:
- Dimana bentuk pasar merupakan pasar yang ideal.
- Dimana perusahaan berproduksi pada skala yang efisien dengan harga produk paling murah.
- Dimana perusahaan mendapatkan output maksimum.
- Memberikan kemakmuran yang maksimal. Karena harga jual yang termurah, jumlah output paling banyak sehingga ratio output per penduduk maksimal, dan masyarakat merasa nyaman sehingga tidak takut ditipu karena informasi yang sempurna.
- Dimana hanya saja pasar persaingan sempurna tidak mendorong adanya sebuah inovasi.
- Akan ada dimana sebuah istilah penimbulan pada biaya sosial.
- Perusahaan didalam pasar membatasi pilihan konsumen.
- Dalam pendistribusi pendapatan tidak terlalu merata.
2. Pasar Persaingan tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari sedikit penjual namun banyak pembeli. Pada pasar ini, para penjual dapat menentukan harga barang. Barang yang diperjual belikan tersebut memiliki jenis yang berbeda atau terdapat berbagai jenis barang.
Perlu kamu ketahui bahwa pasar persaingan tidak sempurna adalah suatu bentuk
pasar yang tidak terorganisir secara sempurna. Pasar persaingan tidak sempurna bisa juga disebut sebagai bentuk pasar yang
kehilangan satu atau lebih ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar persaingan
sempurna. Karena, dalam pasar persaingan tidak sempurna peran dari pembeli dan
penjual hilang. Mereka tidak memiliki keleluasaan untuk menetapkan atau
menentukan harga suatu produk.
Bagaimana kita membedakan antara pasar persaingan sempurna dengan pasar persaingan tidak sempurna.
Berikut ciri-ciri dari pasar persaingan tidak sempurna:
-
Adanya ketidakseimbangan antara penjual dan pembeli
Yang dimaksud disini adalah penjual dan pembeli dapat mempengaruhi kondisi pasar. Dalam kondisi pasar yang tidak sempurna, pasar hanya terdiri dari satu atau beberapa penjual yang lebih sedikit dari pembeli. Ketidakseimbangan ini menyebabkan penjual lebih berkuasa di pasar. Dan harga pun menjadi tidak stabil.
- Disini penjual bisa menentukan harga
Yang dimaksud disini adalah karena penjual lebih banyak dan lebih berkuasa dibandingkan pembeli dan hanya sedikit pihak yang mempengaruhi pasar, penjual bebas dan mendominasi dalam penentuan harga. Kebebasan dan dominasi memungkinkan perusahaan memperoleh profit yang jauh lebih besar. Hal ini disebabkan oleh persaingan yang minim dalam penjualan barang di pasar.
- Adanya kesulitan produsen untuk masuk ke dalam pasar
Yang dimaksud disini adalah industri dalam pasar tidak sempurna hanya mampu dijalankan pihak tertentu. Karena hanya mampu dijalankan oleh pihak tertentu, maka sulit bagi penjual lain untuk masuk dan memulai bisnis dalam pasar. Ini berbanding terbalik dengan pasar persaingan sempurna dimana penjual bebas keluar masuk pasar.
- Tidak adanya sebuah barang pengganti
Yang
dimaksud disini adalah tidak adanya sebuah kebebasan untuk memasuki pasar
menjadikan ketersediaan atas pengganti produk dengan fungsi dan manfaat yang
sama menjadi lebih sedikit atau bahkan sulit dicari. Jadi, untuk
mendapatkan produk atau barang yang bersangkutan, penjual harus membeli dari
penjual yang hanya menjual produk tersebut.
Kelebihan pasar persaingan tidak sempurna:
- Produk yang Dijual Berkualitas Unggul
Yang dimaksud disini adalah dimana barang yang sulit ditemukan/ dicari dan hanya terdapat beberapa penjual yang menjualnya biasanya bersifat unggul dan mempunyai banyak manfaat. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan barang atau produk yang mudah dicari.
- Penjual mendapatkan keuntungan yang lebih besar
Yang dimaksud disini penjual akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar karena pembeli tidak punya pilihan lain atas produk pengganti dan harga yang ditetapkan penjual bersifat bebas tergantung keinginan penjual.
- Bebas biaya produksi
Penjual sebelumnya melakukan riset terlebih dahulu apakah dia bisa untuk memasuki industri pasar persaingan tidak sempurna. Riset akan menunjukkan bahwa produk yang dijual dalam pasar sangat dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya seperti bahan bakar dan listrik. Tanpa promosi dan iklan sekalipun, pembeli sudah mengenal baik produk yang dijual perusahaan.
- Mendorong sebuah inovasi produk
Adanya inovasi produk dilakukan untuk meningkatkan
kualitas dan menguntungkan penjual kedepannya. Ini dapat didorong dengan hak
paten atau lisensi yang dipegang oleh penjual terhadap produk sehingga penjual
lebih leluasa melakukan eksplorasi demi kepentingan inovasi.
Ketika pasar mengalami persaingan yang tidak sempurna akan mengalami sebuah fluktuasi ekonomi. Apa itu fluktasi ekonomi? fluktasi ekonomi adalah kenaikan dan penurunan aktivitas ekonomi secara relatif dibandingkan dengan tren pertumbuhan jangka panjang dari ekonomi. Keuntungan pun hanya dapat dirasakan pihak tertentu. Ada beberapa kerugian karena pasar didominasi oleh satu orang/ penjual, yaitu:
- Adanya permainan harga yang dilakukan sepihak
Yang dimaksud disini karena pasar hanya didominasi oleh pihak tertentu dan jumlah penjualnya sedikit, besar kemungkinan terjadi permainan harga. Permainan harga makin lama dapat merugikan konsumen. Ketidakmampuan konsumen dalam memahami kisaran harga yang seharusnya diterapkan karena minim pembanding juga menjadi faktor terjadinya permainan harga.
- Kurang atau sedikit alternatif lain
Yang dimaksud disini ketika konsumen dihadapi oleh ketidakberadaan alternatif produk pengganti dengan manfaat dan fungsi yang sama. Tidak ada pilihan lain selain membeli produk dari penjual yang menguasai pasar.
- Adanya diskriminasi pada harga
Yang dimaksud disini tidak hanya permainan harga, melainkan penjual juga dapat melakukan diskriminasi harga. Penjual dapat mematok harga yang jauh lebih mahal untuk kelompok pembeli yang berbeda atas produk yang sama.
Adanya eksploitasi terhadap konsumen
Yang dimaksud disini pada jumlah penjual yang mendominasi pasar dibandingkan pembeli membuat pasar terjadi eksploitasi konsumen. Imbas dari eksploitasi konsumen yang tidak bisa bertindak mengambil alih untuk menyeimbangkan pasar.
Jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna:
- Pasar Monopoli
Pengertian dari pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar yang hanya memiliki satu penjual / produsen dengan banyak pembeli. Orang yang melakukan monopoli terhadap suatu pasar disebut sebagai monopolis. Kenapa bisa demikian karena hanya ada satu penjual di pasar maka monopolis bertindak sebagai penentu harga (price maker). Monopolis dapat menentukan harga dengan cara menambah atau mengurangi jumlah barang yang disediakan di pasar.
Ciri-ciri pasar monopoli:Perusahaan monopoli menghasilkan produk yang tidak diproduksi oleh perusahaan lain, atau tidak ada barang penggantinya yang mirip. Contohnya di negara kita Indonesia yaitu, perusahaan minyak bumi dan gas alam. Misalnya pada PT Pertamina, TELKOM, PDAM, BULOG, PT Perusahaan Listrik Negara, dan PT Kereta Api.
- Terdapat adanya satu orang penjual dengan pembeli yang banyak di pasar. Karena ini, pembeli tidak dapat membeli ke tempat lain atau beralih ke penjual lain meskipun merasa dirugikan dengan harga yang ditetapkan.
- Tidak terdapat adanya barang pengganti yang disediakan oleh pihak lain selain penjual yang ada di pasar tersebut.
- Sulitnya dalam memasuki pasar bagi perusahaan baru.
- Penjual pada pasar monopoli akan dapat menentukan harga sesuai keinginannya karena tidak adanya barang pengganti.
- Sumber daya yang ada diperusahaan monopoli memiliki sesuatu khas dan keunika.
- Perusahaan monopoli memeiliki banyak dana, dengan itulah mereka mampu menikmati skala perekonomian bahkan hingga tingkatan tertinggi serta mendapatkan perlindungan dari pemerintah melalui Undang-undang.
Kelebihan pasar monopoli:- Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak guna melakukan promosi agar pembeli tertarik.
- Tambahan penjual dalam pasar monopoli akan meningkatkan efisiensi dalam produksinya.
- Memiliki sumber daya alam yang terjaga karena dikelola oleh pemerintah.
- kekayaan intelektual seseorang dapat terlindungi sehingga dapat memajukan perkembangan.
Kekurangan pasar monopoli:- Dimana produksi tidak efisien karena penjual yang dapat bebas menetapkan harga barang.
- Konsumen tidak bisa beralih ke penjual lain.
- Dimana produsen memegang keuntungan dikarenakan komsumen tidak bisa beralih penjual.
- Pasar Oligopoli
Pengertian dari pasar oligopoli adalah pasar yang penawarannya hanya satu jenis barang yang hanya dikuasai oleh beberapa penjual (perusahaan). Dimana hanya sedkit perusahaan yang memiliki kemampuan mempengaruhi pasar. Perusahaan akan memposisikan dirinya yang nantinya menjadi bagian permainan pasar. Kenapa dilakukan ini terkait menjauhkan konsumen (pembeli) dari perusahaan lain/ pesaing.
Ciri-ciri pasar oligopoli:
- Hanya ada beberapa perusahaan (produsen) yang menguasai pasar dan rintangan untuk memasuki pasar.
- Dimana produk yang diperjualbelikan homogen.
- Adanya sebuah kepemimpinan harga, dimana keputusan harga yang dilakukan oleh perusahaan (produsen) terbesar yang kemudian dipertimbangkan oleh perusahaan lainnya.
- Adanya sebuah perang iklan atau promosi produk.
- Dimana skala dari ekonomi yang akan menurunkan biaya dari produksi barang tersebut.
- Dimana keuntungan yang didapatkan dari sebuah perusahaan (produsen) sangat besar keuntungannya.
- Akan muncul kestabilitasan dari perusahaan
- Konsumen mendapatkan kebebasan dan keleluasaan dalam memilih produk yang dibutuhkan atau diinginkan.
- Pengembangan terhadap produk akan sering dilakukan.
- Dimana penerapan teknologi dan inovasi para produsen akan menghasilkan sesuatu produk yang baru.
- Efisiensi dalam produksi sangat diperhatikan.
- Kepuasan konsumen menjadi salah satu prioritas.
- Dimana akan terjadinya eksploitasi terhadap pembeli (konsumen) serta menimbulkan adanya inflasi
- Dimana pembeli (konsumen) tidak bisa memiliki pilihan untuk membeli barang karena hanya ada satu penjual
- Biasanya rentan menimbulkan ketidakrataan atas pendapatan yang dihasilkan.
- Biasanya rentan terjadi persaingan yang tidak sehat dalam hal harga.
3. Pasar Monopolistik
Pengertian dari pasar monopolistik merupakan pasar yang terjadi ketika terdapat banyak penjual (produsen), adanya diferensiasi antar produk, misalkan baik merk atau kemasan. Pasar monopolistik hampir menyerupai dengan pasar persaingan sempurna,
tetapi produk yang diedarkan dipasar ini bersifat heterogen.
- Dimana jumlah dari penjual (produsen) sangat banyak
- Dimana produk/ barang yang diedarkan dipasar ini bersifat heterogen yang berarti tidak sama antara satu dengan yang lain.
- Sering terjadinya promosi terhadap produk yang dipasarkan.
- Mudahnya penjual (perusahaan) untuk keluar masuk pasar.
- Disini pembeli (konsumen) akan mendapatkan atas untuk memilih suatu produk yang diinginkan sesuai kebutuhan dikarenakan produknya bersifat heterogen.
- Dimana kemudahan dan kebebasan sebuah perusahaan (penjual) dalam keluar masuk pasar.
- Dimana adanya diferensiasi produk yang membuat konsumen dapat memilih produk yang disukainya.
- Biasanya akan terjadi persaingan yang tidak sehat dimana penjual akan mendapatkan banyak pelanggan dengan mendapatkan keuntungan maksimal.
- Biasanya dimana salah satu pihak yang tidak memiliki kemampuan bahkan masalah pendanaan lebih mudah tergeser atau terbuang dari pasar ini karena dilihat dari adanya tingkat
persaingan sangat tinggi.
- Biasanya rentan atas terjadinya kenaikan harga dari barang/ produk yang dikarenakan adanya inovasi atas produk yang baru.
Sekian artikel yang saya buat ini, semoga dapat membantu anda dalam hal pengetahuan atas pasar yang memiliki banyak jenis dan ciro-ciri serta kelebihan dan kekurangan dari pasar tersebut. Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau kalimat yang diketik salah, karena manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa.
Cukup sekian sobat magerku sampai bertemu pada artikel yang saya buat selanjutnya dahhhh.......
Referensi sumber:
https://www.slideshare.net/ChaJonas/makalah-struktur-pasar-20521998
https://cerdasco.com/struktur-pasar/
https://www.alihamdan.id/struktur-pasar/
https://www.jojonomic.com/blog/pasar-persaingan-tidak-sempurna/
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar: Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Jenisnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/27/120000769/pasar-pengertian-fungsi-ciri-ciri-dan-jenisnya?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa
Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar: Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Jenisnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/27/120000769/pasar-pengertian-fungsi-ciri-ciri-dan-jenisnya?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa
Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar: Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Jenisnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/27/120000769/pasar-pengertian-fungsi-ciri-ciri-dan-jenisnya?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa
Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
Tidak ada komentar:
Posting Komentar